Rabu, 21 April 2010

Anggrek kriting – Dendrobium discolor Lindl

Gila baca buku tentang jenis-jenis anggrek bikin gw tambah kagum sama keindahan yang TUHAN ciptakan. Satu demi satu halaman gw liat, gw perhatiin dang w baca keterangannya dan pas sampe dihalaman ke-52 muncul deh nama, gambar dan keterangan dari anggrek kriting – Dendorium discolor Lindl. Pertama gw liat nama anggrek itu gw jadi inget sama cowo yang trakhir gw taksir. hMm..sekedar inget aja siey karna gw emang lebih suka manggil dia dengan panggilan kriting dari pada mesti manggil potongan dari nama lengkapnya yang panjangnya mungkin bisa menandingi panjang gerbong kereta ekonomi indonesia (haha…gw lebay euy).

Gw manggil dia kriting juga bukan tanpa alesan coz emang pada dasarnya rambut cowo yang kemaren gw taksir itu emang termasuk kedalam jenis rambut yang kriting pokonya sama banget deh ama nama anggrek yang lagi gw baca dibuku ini. Dan tiap gw baca keterangan gw malah nyengir-nyengir sendiri,sedih ampe kadang ngakak gara-gara inget ama mantan gebetan gw yang terakhir gw suka di taun 2009 itu,hehe… (klu kata temen gw WULAN SARI “emang dasar otak maju…!!,,ngayal mulu gawe lu qhum”,haha…)

Anggrek kriting – Dendrobim discolor Lindl. dendrobium discolor Lindl nama latin dari anggrek yang biasa dikenal dengan sebutan anngrek kriting oleh orang-orang Indonesia sama halnya sama nama mantan gebetan gw “RRC” yang lebih sering gw panggil dengan sebutan kriting.

Anggrek kriting ini termasuk kedalam marga ceratobium. Ceratobium sendiri adalah salah satu seksi dari marga Dendrobium yang telah banyak dimanfaatkan baik sebagai induk silangan maupun sebagai bunga potong.

Ceratobium sendiri di otak gw kepeleset jadi ceraton alias keraton abis nama si keriting berawalan dengan nama raden yang biasa dipake sama keturunan-keturunan bangsawan jawa, dan berhubung dia ada keturunan jawa makanya otak gw jadi kepeleset kekeluarga keraton karna mungkin aja dia emang ada turunan kraton,,haha…

Batang jenis bunga ini tegak dan dapat mencapai 1,75 cm. Nah si “kriting” juga tingginya sampe dan mungkin bahkan lebih dari 1,75 tp bukan 1,75 cm melainkan 1,75 meter. Bunganya tidak terlalu besar. Tubuh si “kriting” juga ga terlalu besar malah lebih kearah kurus nyeremped ke kerempeng,haha…

Bunganya berbau agak harum. Nah kalo yang ini gw ga tau coz gw ga pernah nyium aroma tubuhnya, (orang gw Cuma berani liat dari kejauhan juga,,hahay). Daun-daun mahkota berwarna coklat kekuningan dengan garis yang tidak jelas. Warna kulit “kriting” juga coklat kekuningan tp lebih banyak kuningnya dari pada coklatnya dan kalo buat ukuran kulit cowo dia termasuk putih. (Beda banget ama kulit gw yg coklat keiteman,haha….)

Daun kelopak dan mahkota tepinya bergelombang dan keriting, oleh karna itu dinamakan anggrek kriting. “Huhu..mantan gebetan gw itu juga gw panggil kriting karna bentuk rambutnya yang emang kriting”. Nah kalo bibir bungga anggrek itu berwarna kuning terang kehijauan, beda banget sama bibir si kriting yang merah penuh dan berisi…(uhhh…pokonya yUmmyy daH,,haha…) tu juga kata temen gw yang tergiur sama bibir si kriting. Mana temen gw itu NISA HARMIA YULIASIH,,hUhUuu….

Jenis anggrek yang berasal dari Australia utara kepulauan Torres dan pulau Irian namun dapat dijumpai juga di “Kebun Raya Bogor” karna telah dibudidayakak di sana. Nah kalo si kriting berasal dari Cirebon tapi ga tau juga sie,hoho… coz yang gw tau bonyoknya tinggal disono tapi dia tinggal sama budenya di Bogor. Yaaahhh senasiblah sama anggrek, anggep aja dia juga dibudidayain sama budenya,ckckck….

Dan yang terakhir dari pengamatan yang dilakukan, diketahui bahwa bunga anggrek kriting ini berbunga pada bulan-bulan September sampai November. Lama bunga mekar sekitar 12-17 hari, jadi cukup panjang untuk dinikmati keindahannya. Dan yang terakhir juga dari otak gw, gw naksir dan kenal di dunia maya sama mantan gebetan gw itu selama hampir 7-8 bulan lamanya sebelom akhirnya gw kenalan langsung di hari rabu terakhir di tahun 2009, padahal dari perkenalan didunia maya itu bukan karna kita ga tau satu sama lain, kita sama-sama tau satu sama lain, sering ketemu juga dikampus tapi emang di dunia nyata kita ga pernah saling tegor , saling sapa ataupun saling sekedar melempar senyuman. Kita sama-sama bertindak so tolol dengan so ga kenal di dunia manaoun, tp tetep rame didunia maya, dan sebenernya gw juga dah ga mau lagi jadi cewe tolol yang terus menyukai dia yang Cuma bisa gw kenal dari dunia maya tanpa kenal didunia nyata. Gw dah ga mau ngarep bayangan semu dia lagi. Gw juga udah bertekat kalo gw harus kenalan secara langsung didunia nyata sebelom tahun berganti dan alias hari kenalan secara langsung itu mesti hari dimana selama satu semester ini gw slalu ktemu dia dihari itu, dihari rabu di kampus gedung GG (gunung gede) tepatnya dibawah pohon kembar ataupun mesjid AL-Ghifari tempat biasa dia sholat ataupun tidur. Hari dan tempat dimana gw slalu ngerasain rasa yang ga karuan, seneng,takut,deg-degan,lemes,panas dingin,dan tek-tek bengek lainnya yang biking w slalu bersyukur Alhamdulillah walau Cuma bisa liat dia tanpa dia liat balik kearah gw, tanpa dia sadar kalo gw ada disitu dan merhatiin dia dengan seksama.

Dan akhirnya semua niat gw buat kenalan langsung dihari dan tempat yang udah gw banyangin sebelomnya terlaksana dan itu tandanya gw juga bakal ngapus ketololan gw selama ini alias gw bakal tutup buku di akhir tahun untuk tidak lagi menyukainya. Tapi gw akui 7-8 bulan dalam khayal semu itu emang penuh cerita dari seneng ampe sedih. 7-8 bulan dalam bayang semu itu emang cape tapi cukup dan akan selalu indah buat gw kenang tapi bukan buat gw lanjutin,,^_^

Dan walau gimanapun gw berterimakasih banget buat “RRC” yang kenangan yang dia bikin tanpa sadar buat gw… MAKASIH KERITING,^_^

3 komentar:

meri_choco mengatakan...

hahahaha...keren2...
aturan jdulnya mah..." mantan gebetan w anggrek krikitng...ckckckck....

Qhume mengatakan...

hahaha....
wLau ga kesaMpean tp mantan gebeTan w kan masih dR bangsa manusia chok bKn tumbuhan...
eH tp tangkiyu yA,,^_^

miaw_miaw mengatakan...

weizzz edan dahsyAt qhUm...
kalo boleh daku berandai-andai....
andai saja dia ju9a bC blog ini.,
saiia p9n tau 9mn expresi'a.,
senenk 9a iia kalo tau ada ss'or9 y9 jauh dsna slalu meratiin dy typ ari rabu dkmps...
ulet"an d'mushola.,
mandang" dR kejauhan sambil mesem" gag jelaz
jroji panas din9in sambil ngeremes smw tangan cp pun y9 ada dsblh'a...
haahhhh
lucu san9adh seorang qhume merkeme ini...
tP biar lah ckup jd kenan9an manis ajh tt9 kisah ini smw...
kisah manis di gn gde, cilibende, baranangsiang, 'n suatu gedung d'k0ta bgor 2nd place antara qhume dan radEn dipertemukan...
hihiiiii
q0 saiia jd cUrhAt pj9 lebar 9ini..
tP tak apa lah.,
w cm p9n muntahin kisah manis y9 w saksikan ajh selama perjalanan juni '09 - juni '10

ow iia.,
hR ini b09or, 5 Juni 10
aq kembali menyaksikan dirinya meleleh krna 1 blzn sms dR san9 an99rek.,
hahhh
senenk'a ampe 9a bs melek..
slamet iia qhum..
:D